Monday, 9 January 2017

WISATA KAWAH GUNUNG GALUNGGUNG, TASIKMALAYA

Kawah Gunung Galunggung tereletak di desa Linggajati, kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Untuk ke kawah ini dapat diakses kendaraan hingga tempat parkir. Dari tempat parkir ke bibir kawah bisa berjalan kaki melalui tangga. Perjalanan ke tempat parkir melalui hutan yang lebat dan indah.

Peta Lokasi kawah Gunung Galunggung

Kawah gunung Galunggung terletak di Sisi Timur Gunung Galunggung. bibir kaldera Kawah berada pada ketinggian 1.160 m hingga 1.200 m sedangkan muka air kawah berada pada ketinggian 1.094 m. Gunung Galunggung sendiri memiliki ketinggian 2.167 m.


Foto 360* tangga menuju kawah gunung Galunggung

Untuk naik ke bibir kawah telah disediakan anak tangga dari semen. Ada dua buah tangga menuju ke bibir kawah yaitu pada bagian timur dan pada bagian selatan kawah. Namun sisi sebelah timur fasilitas lebih lengkap, tempat parkir lebih luas dan lebih ramai. Fasilitas warung makan, toilet, mushalah tersedia disini.

 Foto 360* tangga menuju kawah gunung Galunggung

Tangga menuju kawah disisi timur ini memiliki jumlah anak tangga sebanyak 620 buah dengan kemiringan yang cukup curam. Selama menaiki tangga ke bibir kawah juga melewati hutan dengan tumbuhan yang tidak terlalu besar. Dari tangga tersebut dapat melihat pemandangan arah kota tasikmalaya. Pemandangan dari tangga tersebut juga sangat indah.

  Foto 360*  kawah gunung Galunggung

Tiba di bibir kawah akan disuguhkan pemandangan yang lebih luar biasa. Di bibir kawah terdapat warung-warung penjaja makanan. Di dasar kawah terdapat danau kawah berwana kehijauan. Di seberang tangga bagian Dasar kawah terdapat sebuah masjid. Dibagian dasar kawah juga terlihat beberapa tenda berdiri.

Meskipun indah dan tenang Gunung galunggung ini pernah mempunyai sejarah letusan yang dahsyat. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1982. Debu letusan berupa awan panas mencapai ketinggian 20 km. Debu ini tertiup hingga ratusan kilometer mengguyur kota-kota disekitarnya termasuk kota Jakarta. debu letusan gunung ini juga menggangu penerbangan udara. Pada saat itu letusan berlangsung berbulan-bulan bahkan hingga 9 bulan.

Namun anda tidak perlu khawatir. Saat ini gunung Galunggung sedang tidur panjang. Anda dapat aman berwisata ke sana.

Selamat berwisata.

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');