Wednesday, 11 January 2017

KAWAH TALAGA BODAS, GARUT

Kawah Talaga Bodas Terletak di desa Sukamenak, kecamatan Wanareja, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat 44183. Kawah talaga Bodas ini berada di lereng gunung Galunggung. Muka air Talaga Bodas berada pada ketinggian sekitar 1729 m di atas permukaan laut.

Peta Lokasi Kawah Talaga Biodas, Garut

Sebelumnya sempat ragu untuk mengunjungi Kawah Talaga bodas ini. Hal ini disebabkan info dari googling yang menyebutkan jalan rusak berat. Sealin itu juga jika melihat google street view kondisi jalan sungguh memprihatinkan.

Kondisi jalan ke Talaga Bodas yang mulus

Akhirnya kami bulatkan tekad untuk berwisata ke Kawah Talaga Bodas tanggal 24 Desember 2016. Sungguh melegakan buat kami, ternyata kondisi jalan ke Kawah Talaga bodas baru saja di Hotmix. Hanya sebagian kecil saja yaitu mendekati lokasi wisata Talaga Bodas yang masih sedikit rusak. Dengan kondisi jalan tersebut kami dapati di area parkir kendaraan klas city carpun dapat mengakses ke kawah Talaga Bodas. Pemnadangan menuju kawah Talaga Bodas melewati jalan menanjak yang berliku-liku. Kiri kanan jalan dihiasi hutan lebat. Di beberapa spot terdapat tempat terbuka dengan pemandangan indah ke arah kota.

Sebagian kecil jalan ke kawah Talaga bodas yang masih rusak.

Kawah Talaga Bodas ini merupakan salah satu kawah dari Gunung Galunggung yang meletus ratusan tahun lalu. Kawah ini berada pada sisi utara gunung Galunggung. Kawah Galunggung lainnya berada pada sisi Timur Gunung Galunggung dan masuk wilayah kabupaten Tasikmalaya.  


Foto 360* Area parkir Kawah Talaga bodas

Kendaraan hanya bisa mengakses sampai area parkir kawah Talaga Bodas. Sebelum masuk ke area parkir terdapat Pos retribusi untuk kendaraan dan pengunjung. Di area parkir ini tersedia fasilitas parkir kendaraan, mushalah, toilet, warung-warung penjaja makanan. Area parkir kawah Talaga Bodas Berada pada ketinggian sekitar 1694 m.


Foto 360* Kawah Talaga Bodas
Dari tempat parkir sebenarnya ada jalan yang cukup baik menuju kawah Talaga Bodas. Namun jalan tersebut di Portal dan kendaraan tidak dapat melintas. Namun di seberang Portal terdapat jejeran pengendara ojeg yang siap mengantar anda ke kawah. Untuk menuju kawah sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 900 meter jaraknya dan menanjak sekitar 36 m. Jika anda berjalan kaki santai mungkin dapat ditempuh sekitar 20 menit. Jika anda menggunakan ojeg maka tarifnya adalah Rp 10.000. Jalan ke kawah Talaga bodas dari tempat parkir melewati hutan lebat. Jadi sebenarnya enak untuk dinikmati dengan berjalan kaki.

Air kawah Talaga Bodas berwarna putih kehijauan. Bentuk kawah ini seperti danau maka disebut Talaga, dan karena warna airnya putih disebut Bodas  (bahasa sunda). Warna putih kehijauan ini disebabkan kandungan belerang pada air tersebut. Kawah Talaga Bodas berada pada lembah di kelilingi dinding-dinding bukit. Bentuk danau hampir bulat dengan luas sekitar 11 hektar. Bau belerang khas kawah gunung berapi tercium disekitar kawah Talaga Bodas. Air kawah terasa dingin, namun sebaiknya tidak digunakan untuk minum atau berenang. khawatir kandungan belerang yang tinggi tidak baik untuk kulit. Di ujung jalan kawah Talaga Bodas ini tersedia fasilitas beberapa saung dan toilet. Namun pada saat kunjungan kami, tidak terdapat air pada toilet tersebut.


Foto 360* kolam rendam air panas Kawah Talaga Bodas

Berjalan ke arah kanan di sisi lain dari ujung aspal kawah Talaga bodas terdapat kolam renang air panas. Kira-kira jaraknya sekitar 560 m. Terdapat tiga buah kolam rendam air panas di sini. Fasilitas yang ada di sekitar kolam rendam air panas tersbut berupa toilet, tempat ganti, mushlah dan saung. Tidak ada penjaja makanan di sini. Berendam di kolam ini sunbgguh membuat badan terasa segar.

Kolam rendam air panas kawah Talaga Bodas

Berjalan kembali ke arah kanan menyusuri pinggir kawah Talaga Bodas akan dijumpai air terjun mini yang berada di tengah lebatnya hutan. Anda dapat menikmati siraman air dingin yang jernih dari air terjun tersebut. Untuk ke air terjun tersebut melewati hutan dan sedikit tanjakan yang cukup curam.
Sebenarnya kami hendak melanjutkan penyusuran kawah Telaga bodas ke tempat bebatuan yang menyemburkan asap belerang berwarna keputihan. Namun sayangnya jalan tersebut ditutup karena alasan kondisi tanah yang labil.


Foto 360* Air terjun di kawah Talaga bodas

Dengan pemandangan alam yang indah, beberapa objek wisata dalam satu kawasan, dan kondisi jalan yang sudah baik, maka kawah Talaga Bodas sangat layak untuk dikunjungi.

Selamat  berwisata




No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');