Monday 11 March 2019

SEGAR DAN INDAHNYA DANAU DIATAS DARI MASJID UMMI ALAHAN PANJANG

Pada tulisan terdahulu telah dibahas mengenai tiga buah danau di Kabupaten Solok yang lokasiny berdekatan yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang. Kali ini akan dibahas segar dan indahnya Danau Diatas dari Masjid Ummi Alahan Panjang.

Peta Lokasi Danau Diatas

Danau ini dinamakan Danau Diatas, karena letaknya berdekatan dengan Danau Dibawah. Karena letak ketinggian Danau Diatas lebih Tinggi dari Danau Dibawah maka Danau ini dinamakan Danau Diatas. Keduadanau ini sering dinamakan Danau Kembar. Disebut Danau Kembar juga karena luasnya hampir sama.  satu spot yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan kedua danau tersebut sekaligus adalah di Taman Panorama Danau Kembar, Danau Diatas Danau Dibawah.


Danau Diatas terletak di kabupaten Solok propinsi Sumatera Barat. Karena luasnya, maka Danau diatas meliputi dua kecamatan yaitu kecamatan Danau Kembar dan kecamatan Lembah Gumanti. Namun demikian spot terbaik dan mudah diakses berada di wilayah desa Alahan Panjang.



Salah satu Spot wisata Danau Diatas di Alahan panjang adalah di Masjid Ummi. Masjid Ummi ini letaknya persis di pinggir danau Diatas. Selain anda bisa istirahat atau shalat disini, Anda dapat juga menikmati keindahan dan seganya udara di Danau Diatas disini dengan gratis.



Di Masjid Ummi tersedia fasilitas parkir yang luas. Fasilitas Wudhu dan toilet juga tersedia. Di pinggir danau di bawah masjid terdapat taman untuk menikmati keindahan danau. Selain itu disini tersedia juga fasilitas cafe, kedai kopi dan minimarket.

Danau Diatas merupakan sebuah danau yang masuk kategori dangkal, titik terdalam danau ini hanya 44 meter. Danau Diatas terletak pada ketinggian 1525 m. Danau Diatas cukup besar, memiliki luas sekitar 17,2 km persegi. Panjang 6,25 km dan lebar 3,75 km. letaknya yang berada pada daerah ketinggian pegunungan, maka udara di sana cukup dingin. Sebaiknya anda siapkan baju hangat jika tidak tahan dingin.


Pemandangan danau diatas sangat indah. Terletak di ketinggian, berhawa sejuk dan dikelilingi pegunungan bukit barisan. Di sekitar danau Diatas juga terdapat beberapa hotel dan resort yang dapat digunakan jika anda ingin berlama-lama menikmati pemandangan di Danau Diatas. So tunggu apa lagi. Silahkan berkunjung ke Danau Diatas.




No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');