Friday, 20 September 2013

NYAMANNYA NAIK MRT DI SINGAPURA

ENGLISH/INDONESIAN

Singapura merupakan kota metropolitan yang cukup besar. Salah satu kelebihan kota Singapura adalah layanan MRT (Mass Rapid Transportation / Transportasi Masal) yang sangat baik dan merupakan salah satu layanan MRT terbaik di dunia.

Mass Rapid Transit adalah sistem kereta api terpadu di Singapura dengan rute yang menjangkau berbagai tempat di singapura dar bandara changi, bugis, orchard, Marina bay sands dan temnapt-tempat lainnya. MRT ini selain di manfaatkan warga singapura untuk kegiatan transportasi sehari-hari, juga banyak di manfaatkan para wisatawan untuk keliling singapura.
Jalur MRT ini ada yang di bawah tanah, di permukaan tanah atau menggunakan jalur layang. Untuk menuju suatu tempat carilah stasiun MRT terdekat dengan tujuan anda. Jangan lupa membawa peta kota singapura dan peta rute MRT agar anda tidak tersesat. Peta kota atau rute MRT biasanya banyak tersedia di tempat-tempat umum dan gratis seperti di bandara, di hotel dan lain-lain.
 Kelebihan MRT di Singapura adalah kebersihannya baik untuk kabin MRT ataupun stasiunnya. Selain itu frequency perjalanan yang banyak pada jam-jam sibuk sehingga penumpang tidak berdesak-desakan. Jadwal MRT juga biasanya sangat tepat. Semua kabin MRT berpendingin udara. Demikian pula dengan stasiunnya terutama yang berada di bawah tanah. Stasiun yang berada di atas permukaan tanah juga dilengkapi dengan kipas angin raksasa untuk mengusir panas.
Untuk turun ataupun naik di stasiun menggunakan tangga berjalan sehingga meringankan penumpang. Peron dengan rel kereta dibatasi dengan pagar kaca yang dilengkapi pintu otomatis sehingga menambah keamanan untuk para penumpang. Gerbang masuk dan gerbang keluar di bedakan untuk menghindari benturan penumpang yang datang dan pergi. Sebagian stasiun terletak di bawah pertokoan, plaza atau mall sehingga pengunjung dapat juga sekalian shoping ketika menuju atau pulang dari stasiun.
Untuk pembelian tiket terdapat mesin-mesin penjual tiket otomatis yang user friendly. Pembelian tiket dapat dilakukan untuk satu kali perjalanan ataupun multi trip. Sistim tiket sudah terpadu jadi jika transit tau pindah kereta di stasiun tertentu tidak usah membeli tiket lagi.
Peta Rute MRT di Singapura

Untuk menjaga kenyamanan MRT penumpang dilarang merokok, makan/minum, membawa bahan yang mudah terbakar ataupun membawa durian. Denda yang besar siap dikenakan bagi pelanggar aturan tersebut. Tempat duduk tertentu diprioritaskan untuk manula, orang cacat, ibu hamil ataupun yang membawa anak kecil.

Jadi jika anda ke Singapura jangan lupa merasakan pengalaman nyamannya menggunakan MRT di Singapura.

Happy Travel

No comments:

Post a Comment