Tuesday, 7 January 2014

TAMAN WISATA KOPENG DI LERENG GUNUNG MERBABU

ENGLISH/INDONESIAN

Taman Wisata Kopeng merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Kawasan  Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Di seberangnya terdapat gunung Andong dan Gunung Telomoyo. Berada pada ketinggian 1400 an meter. Posisinya yang berada ketinggian tersebut membuat udara di kawasan wisata Kopeng menjadi sangat sejuk.
 

Untuk dapat masuk, pengunjung dikenakan  tarif 10000/orang, cukup murah bukan? Taman wisata  ini  tidak hanya menyuguhi pemandangan alam yang spektakuler, tetapi juga menyediakan taman serta area permainan anak hingga dewasa. Permainan yang disediakan antara lain adalah outbound, atv, kolam renang, dll. Area permainan ditaman wisata ini dikenakan biaya per-permainannya. Misalnya untuk outbound pengungjung hanya  membayar 35000/orang, harga yang terbilang murah untuk 9 rintangan didalamnya.  Rintangan yang disediakan juga menantang loh, pokoknya sesuai ekspektasi deh. Nantinya peserta akan melewati 3 flying fox dan 6 game kecil seperti berjalan  diatas 1 tali, melewati jaring laba-laba, dll.
 

Untuk pengunjung yang kurang puas di taman & area permainan, jangan khawatir! Ada Wisata lain yang dapat dinikmati di area Taman Wisata Kopeng yaitu berkuda, yap menaiki kuda mengeliligi taman wisata ini, atau bahkan sampai ke Air Terjun juga.
Paket yang disediakan ada 3 macam yaitu :
1. Paket mengelilingi taman wisata kopeng (30.000/orang)
2. Paket mengunjungi Air Terjun Umbul Songo Kopeng (50.000/orang)
3. Paket mengunjungi Air Terjun serta Kebun Stroberi (100.000/orang)
Nantinya setiap kuda akan diawasi oleh masing-masing pawang kudanya. So, jangan  khawatir buat yang belum terbiasa naik kuda :)
 

Nah buat yang mau santai-santai aja juga bisa kok, di taman wisata kopeng banyak tempat-tempat untuk bersantai ria sambil menikmati sejuknya angin gunung. Seperti ayunan, bangku-bangku taman, prosotan, dll. Kalo mau belanja juga bisa kok, tinggal duduk tenang aja, nanti penjualnya akan mendatangi sendiri. Biasanya yang dijual oleh pedagangnya adalah hasil kebun mereka seperti cabe, lobak, wortel, pumpkin, labu, sawi, asem, salak, dll. So, buat yang mau masak-masak atau membawa oleh-oleh kayanya cocok banget nih :)
 

Taman wisata Kopeng memiliki sejarah panjang. Dimulai sejak jaman penjajahan kolonial Belanda dimana banyak didirikan vila-vila peristirahatan di wilayah Kopeng. Sebagian vila-vila tersebut masih ada hingga saat ini meskipun sebagian sudah di pugar.

Bagaimana cara ke Kopeng

Taman wisata Kopeng secara administratif berada di desa Kopeng, kecamatan Getasan kabupaten Semarang. Kota terdekat dengan lokasi wisata tersebut adalah kota Salatiga. Meskipun demikian Taman wisata Kopeng dapat juga di akses dari arah Magelang atau Ambarawa. perhatikanlah peta di bawah ini. Jika anda dari sekitar kota Salatiga maka anda perlu menuju jalan lingkar luar atau bypass Salatiga. Nanti ada perempatan lampu merah dengan petunjuk jalan menuju arah Kopeng. Jika anda dari sekitar kota Magelang, maka ada tiga rute pilihan yaitu melalui
1. Mungkid - Ketep Pass - Ngablak - Kopeng
2. Magelang - Pakis - Ngablak - Kopeng
3. Magelang - Grabag - Kopeng

Kendaraan umum dapat menggunakan taksi dari Salatiga ataupun angkot namun sayangnya penulis lupa mencatat trayek angkot tersebut.

Lihat Taman Wisata Kopeng di peta yang lebih besar

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');