Sunday 22 December 2013

INDAHNYA JALAN BANYUWANGI BONDOWOSO LEWAT KAWAH IJEN

ENGLISH/INDONESIAN

Jika melakukan perjalanan dari banyuwangi menuju Bondowoso atau sebaliknya melalui Kawah Ijen  maka kita akan mendapati pemandangan alam yang sangat luar biasa indah selama dalam perjalanan tersebut. Kawah Ijen sendiri letaknya di perbatasan kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi.

Selama perjalanan tersebut baik dari arah Bondowoso maupun Banyuwangi, kita akan melewati hutan lindung yang masih sangat rimbun. Jalan berliku-liku dan mendaki. Sepanjang perjalanan kita akan menjumpai hutan lebat, jurang, lembah, tebing dan desa-desa kecil.
Kondisi jalan cukup baik, karena Kawah Ijen  memang merupakan daerah tujuan wisata. Ditambah dengan adanya kegiatan tahunan balap sepeda tour de Ijen membuat jalan ini selalu dalam perawatan dan kondisi yang baik.
Desa terakhir sebelum masuk hutan lebat adalah desa Tamansari kecamatan Licin, kabupaten Banyuwangi, sedangkan di sisi kabupaten Bondowoso adalah desa belawan. Dalam ruas jalan tersebut terdapat beberapa tempat wisata yaitu Kawah IjenAir Terjun Belerang, air Terjun Belawan, beberapa pos yang juga terdapat gardu pandang dan lain.lain.
Kawasan Hutan lebat yang dilewati jalan ini berada pada ketinggian antara 900 an meter hingga 1800 an meter di atas permukaan laut. Kawasan hutan ini sering diselimuti kabut pekat yang membatasi jarak pandang. Hawa sejuk dan pemandangan indah menemani selama dalam perjalanan. Di beberapa tempat sekitar kawah ijen tercium bau khas gunung aktif yaitu bau gas belerang.

Jika anda punya waktu yang cukup maka cobalah mampir di pos paltuding dan mendaki ke kawah ijen. Anda akan mendapatkan pengalaman luar biasa indah dan tak terlupakan.



Selamat berwisata.

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');