Monday 5 May 2014

PUJASERA SIMPANG LIMA SEMARANG

ENGLISH/INDONESIAN

Pada tulisan yang lalu telah dibahas mengenai Alun-alun Simpang Lima Semarang. Kali ini kita akan bahas mengenai Pujasera yang ada di sekeliling Alun-alun Simpang Lima Semarang.
Alun-alun Simpang Lima Semarang telah menjadi ikon wisata kota Semarang. Namun sayangnya di masa lalu Alun-alun Simpang Lima Semarang ini terkesan kumuh, karena banyaknya pedagang kaki lima yang berdagang di Alun-alun Simpang Lima Semarang tersebut. Namun itu adalah masa lalu. Kini pedagang kaki lima yang berjualan di Alun-alun Simpang Lima Semarang telah tertata rapih. Mereka ditempatkan di kios-kios di seberang jalan Alun-alun Simpang Lima Semarang, dengan posisi mengelilingi.

 Sebagian besar kios-kios di sekeliling Alun-alun Simpang Lima Semarang tersebut adalah pedagang makanan. Berbagai jenis kedai makanan tersdia di sana seperti, kedai sate, kedai soto, kedai seafood, kedai juice dan minuman sertai kedai-kedai makanan lainnya. Kondisi kedai yang tertata rapih serta bersih menjadi daya tarik wisatawan untuk mencicipi aneka hidangan yang ada di sana. Suasana lampu yang terang benderang di malam hari menjadi tambahan magnet bagi wisatawan untuk berkunjung.
Kebetulan penulis melakukan kunjungan ke pujasera Alun-alun Simpang Lima Semarang setelah lewat tengah malam. Maklum sedang dalam perjalanan. Penulis sempat berpikir biasanya tempat-tempat seperti ini akan banyak pengemis dan pengamen. Pengamatan penulis memang ada satu orang pengemis perempuan tua yang menunggu di pinggir jalan namun tidak masuk ke kedai-kedai makanan. Adapaun untuk pengamen tidak terlihat. Entah karena sudah larut malam atau memang karena dilarang. Suasana tersebut membuat pengunjung nyaman menyantap hidangannya. Sambil menikmati pemandangan Alun-alun Simpang Lima Semarang.
Yang membuat penulis menghela napas adalah pada saat melakukan pembayaran setelah selesai menyantap hidangan. Nilai yang harus dibayar memang tidak mahal sekali, namun juga tidak murah. Siangnya penulis makan siang di sebuah rumah makan masih di kawasan Semarang dengan fasilitas full AC. Harga yang ada di rumah makan tersebut lebih rendah dari pada di pujasera Alun-alun Simpang Lima Semarang. Yah mungkin karena tempatnya yang sangat strategis dan merupakan daerah wisata, jadi pujasera Alun-alun Simpang Lima Semarang memang layak untuk dicoba.

 Foto Alun-alun Simpang Lima Semarang di malam hari







No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');