Friday, 24 July 2015

MASJID RAYA ISLAMIC CENTRE MATARAM

Masjid Islamic Centre Mataram terletak di jalan Udayana, kota Mataram propinsi Nusa Tenggara Barat.
Alamat :
Telepon :
Fax         :
Email     :
Websites :
Peta lokasi Masjid Islamic Centre Mataram 

Pulau Lombok memiliki banyak sekali masjid yang jumlahnya mencapai ribuan masjid. Masjid-masjid tersebut rata-rata berukuran besar-besar, megah dan indah. Salah satu masjid yang sedang dibangun di Lombok  adalah Masjid Islamic Centre Mataram. Masjid Islamic Centre Mataram akan menjadi masjid terbesar di propinsi Nusa Tenggara Barat. Daya tampung Masjid ini sekitar 15.000 jemaah.

Masjid Islamic Centre Mataram berukuran sekitar 100 m x 100 m dan terdiri dari beberapa lantai. Kubahnya berwarna keemasan dengan corak bermotif sasak. Lima buah menara menghiasi Masjid Islamic Centre Mataram . Salah satu menara memiliki tinggi 99 meter dan disebut menara Asma Ul Husna.


Pemerintah Provinsi NTB telah mengalokasikan dana APBD 2010 sebesar Rp15 miliar untuk kelancaran pembangunan "Islamic Center" itu.

         "Dukungan anggaran pembangunan 'Islamic Center' kini sudah mencapai Rp40 miliar, terdiri atas Rp10 miliar bersumber dari APBD NTB tahun 2010 dan Rp30 miliar dari dana pemberdayaan masyarakat (CSR) PT Newmont Nusa Tenggara (NNT)," katanya.

pembangunan "Islamic Center" pada areal seluas 6,7 hektare di Pulau Lombok itu diperkirakan menelan dana sekitar Rp356 miliar.  Islamic Centre ini memiliki sembilan elemen gedung pendukung atau hampir mendekati 12 fungsi keislaman antara lain tempat ibadah, perpustakaan, museum, pusat pendidikan, fasilitas olahraga termasuk kolam renang muslimah dan muslimin.

         Pembangunan "Islamic Center" di jantung Kota Mataram itu akan berlangsung dalam dua tahun sehingga diperkirakan paling lambat tahun 2012 NTB telah memiliki pusat kegiatan Islam. Namun hingga kunjungan penulis mei 2015 lalu Masjid ini belum dibuka untuk umum meskipun bangunan fisiknya sudah terlihat sangat megah dari luar.

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');