Monday 17 October 2011

TAMASYA DI KOTA ROMA

ENGLISH/INDONESIAN

Kota Roma merupakan ibukota negara Italia. Seperti umumnya kota-kota di Eropa, maka kota Roma juga merupakan kota Tua dengan bangunan-bangunan tua yang kokoh dan masih terawat dengan baik.
Penulis sendiri telah dua kali melakukan kunjungan di kota Roma yaitu pada tahun 2001 dan tahun 2011. Perbedaan yang mencolok selama kurun waktu tersebut adalah semakin banyaknya sepeda motor di jalan-jalan kota Roma. Sepuluh tahun yang lalu sepeda motor jarang terlihat dan biasanya merek lokal seperti Vespa/Viagio. Saat ini berbagai merek sepeda motor seperti Yamaha, Honda banyak terlihat di kota Roma.
Secara umum kota Roma adalah kota yang tertib dan bersih. Jalan-jalan tidak macet kecuali akses masuk kota Roma dari luar kota yang macet cukup panjang terutama pada jam-jam sibuk. Meskipun demikian kemacetannya tidak separah Jakarta.
Warga kota Roma cukup Ramah meskipun sebagian besar tidak bisa berbahasa Inggris.Berbagai fasilitas seperti hotel, pusat perbelanjaan, berbagai macam toko, penjual suvenir banyak dijumpai dikota Roma. Sayangnya jarang sekali terdapat rumah makan halal. Bagi anda kaum muslim mungkin anda dapat makan makanan seafood, ikan ataupun sayuran.
Di kota Roma banyak tempat-tempat menarik seperti Colosseum, Castle Sant' Angelo, Masjid Roma, Vatican city, situs-situs reruntuhan jaman kekaisaran Romawi, bangunan-bangunan tua dan lain-lain.Di kota Roma terdapat tembok peninggalan kekaisaran Romawi yang mengelilingi kota tua Roma.
 Gereja Vatican
 Reruntuhan kekaisaran Roma
 Tembok kekaisaran Roma

 Bangunan Tua di Roma

Untuk bepergian di dalam kota Roma tersedia taksi, kereta, trem, ataupun biskota. Yang termudah adalah menggunakan taksi atau kereta. Jalur kereta api hampir menjangkau seluruh sudut kota Roma dan terdiri atas beberapa jalur/line yang berbeda. Jangan lupa membekali diri anda dengan peta kota Roma dan rute jalur kereta di Roma pada gambar berikut. Selamat bertamasya di kota Roma

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');