Friday 19 October 2012

MASJID AGUNG AN NUUR, BATU

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid An Nur, Batu terletak di jalan Gajah Mada, seberang alun-alun kota Batu, kecamatan batu, kotamadya Batu, propinsi Jawa Tengah.


Lihat Peta Lokasi  Masjid An Nur, Batu di peta yang lebih besar
Masjid Agung An Nuur, Batu merupakan masjid yang megah dan Indah. Ukuran Masjid Agung An Nuur, Batu 42 m x 32 m dan terdiri dari dua lantai. Masjid Agung An Nuur, Batu memiliki dua kubah berbentuk lingkaran terbuat dari beton dengan warna hijau dan mosaik berwarna keemasan. Bangunan menara menjadi gerbang masuk Masjid Agung An Nuur, Batu. Rencananya akan dibangun menara setinggi 99 meter sesuai dengan Asma Ul Husna.
Letaknya yang berada di pusat kota dan berada persis di depan alun-alun kota batu yang juga merupakan tujuan wisata dan banyak wisata lain di kota batu seperti Jatim Park2, jatim park1, Selecta, Batu Night Spectacular dan lain-lain menjadikan masjid ini sebagai tempat transit yang sangat ramai dikunjungi. Baik untuk musafir yang ingin beribadah ataupun memang sekedar berwisata ke Masjid Agung An Nuur, Batu.
Rencananya Masjid Agung An Nuur, Batu akan ditambah rest area yang memadai. Rest area itupun dilengkapi 30 unit toilet maupun pujasera, sehingga bisa dimanfaatkan untuk transit wisatawan sebelum melanjutkan ke objek-objek wisata kota ini.
Toilet, bakal dibangun di bawah tanah (underground) sehingga bagian atas bangunan tetap bisa dimanfaatkan sebagai lahan parkir kendaraan bermotor. Sedangkan sebagian dari areal itu, masih bisa digunakan pujasera. Rencana ini, sebagai jawaban memberi kemudahan bagi muslimin yang berwisata sekaligus tetap tidak meninggalkan ibadahnya. oilet yang ada di bawah bangunan masjid dikhususkan untuk mereka yang akan menjalankan salat. Sedangkan wisatawan, belum tentu melaksanakan salat walaupun mereka membutuhkan toilet untuk mandi mempersiapkan diri ke objek wisata.
Menurutnya, toilet yang akan dipersiapkan nantinya dilengkapi air hangat. Selain itu ada toilet atau tempat khusus bagi  ibu-ibu mengganti popok bayi, sehingga tidak akan campur dengan pengguna toilet lain.
Begitu menggunakan fasilitas toilet, pengelola bisa menarik wisatawan dengan ongkos. Ongkos itulah yang nantinya bisa digunakan untuk perawatan, dan kemakmuran masjid.
Masjid An-Nuur dibangun pada tabun 1920 di atas tanah wakaf seorang warga. Dalam perkembangannya, masjid direnovasi beberapa kali sesuai kebutuhan. Renovasi terakhir dilakukan pada Maret 2008 dan diresmikan oleh Walikota Batu kala itu, Eddy Rumpoko



No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');