Thursday 21 March 2019

MENGEJAR API BIRU KAWAH IJEN

Api biru keluar dari kompor gas, itu hal biasa. Tapi jika alam mengeluarkan api biru, maka itu hal luar biasa dan jarang ada. Hanya ada dua tempat di dunia ini yang memiliki fenomena alam Api biru atau Bluefire. Satu di Islandia dan satu di Kawah Ijen, Jawa Timur Indonesia.


Karena fenomena yang sangat langka ini, maka Blue Fire Kawah Ijen sangat terkenal di seluruh Dunia. Banyak turis dari berbagai negara di dunia berkunjung ke Kawah Ijen untuk Untuk mendapatkan dan menyaksikan Blue Fire Kawah Ijen


Namun untuk menyaksikan Ijen Blue Fire dibutuhkan usaha yang tidak sedikit. Ijen Blue Fire ini hanya terlihat di saat dini hari saja. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hotspot bluefire dari gerbang pembelian tiket sekitar 2 - 3,5 jam, tergantung kondisi fisik pengunjung.



Grbang masuk kawasatan wisata Kawah Ijen

Pendakian dimulai dari gerbang tiket masuk kawasan wisata Kawah Ijen di Paltuding yang berada pada ketinggian 1.875 m dpl(di atas permukaan laut). Fasilitas yang ada di Paltuding berupa tempat parkir yang cukup luas, toilet, musholah, camping ground, penginapan dan kedai-kedai penjaja makanan dan souvenir.



Pos pemeriksaan tiket Kawah Ijen. Streetview by time together

Gerbang pendakian ke Kawah Ijen dibua mulai jam 01:00 dnihari. Sebelum melakukan pendakian Siapkan jaket dan sarung tangan untuk mengatasi hawa dingin. Sediakan masker/buff unuk perlindungan terhadap asap gas belerang yang keluar dari kawah. Jangan lupa juga membawa jas hujan, senter dan bekal makanan dan minuman secukupnya. Anda dapat juga membeli/sewa perlengkapan tersebut di sekitar gerbang.


Taksi gerobak Kawah Ijen

Pendakian ke Kawah Ijen hingga ke hotspot blue fire akan menempuh jarak sekitar 3,9 km, dengan perbedaan ketinggian elevasi sekitar 424 m. Tidak terlalu berat sebetulnya. Namun bagi orang yang fisiknya terbatas atau tidak terlatih akan terasa sangat berat. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini tersedia taksi gerobak Kawah Ijen yang dapat mengantar anda hingga ke bibi Kawah Ijen. Taksi ini adalah gerobak untuk mengangkut belerang yang sudah dimodifikasi untuk mengangkut orang. Problemnya adalah anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk menggunakan jasa taksi Kawah Ijen ini. Tarif yang ditawarkan kepada turis asing untuk jasa taksi Kawah Ijen naik dan turun lagi mencapai Rp 800.000. Anda bisa menawar tarif tersebut. Apalagi pada saat low season. Triknya adalah anda jangan kelihatan lemah dan butuh sekali menggunakan taksi Kawah Ijen tersebut. Jika pihak pengelola mengakmodasi ojek beroperasi mungkin biaya yang dibutuhkan turis jadi jauh berkurang dan pada ujungnya jumlah turis akan jauh meningkat.


Setelah melakukan pendakian sejauh sekitar  1,96 km pada ketinggian 2.186 m dpl anda akan menjumpai bangunan untuk penimbangan belerang. Bangunan tersebut juga digunakan sebagai warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan. Di sini juga terdapat fasilitas toilet.

Foto bibir Kawah Ijen

 Anda akan terus melanjutkan perjalanan lagi menuju bibir Kawah Ijen sejauh 1,44 km. Bibir Kawah Ijen ini berada pada ketinggian 2.299 m dpl.  Taksi Kawah Ijen hanya mengantar anda sampai sini.


Selanjutnya anda akan melakukan perjalanan menurun dari bibir kawah menuju tambang belerang dimana hotspot blue fire berada sejauh 500 m. Bedak keinggian antara bbir kawah dan tambang belerang sekitar 134 m. Di sekitar tambang belerang banyak sekali keluar asap belerang yang cukup pekat. Di situlah masker diperlukan untuk melindngi pernafasan kita dari gas belerang yang cukup berbahaya jika terlalu banyak menghirupnya. Kami bersama turis lainnya sempat kalang kabut saat tiba-tiba ditrejang asap belerang. Kepanikan sempat melanda para pengunjung 😁😁😁


Video Ijen Blue Fire

Saat kami tiba di Tambang belerang sekitar pukul 03:048 dinihari, kami sempat bertanya-tanya karena karena blue fire tidak terlihat. Beberapa turis telah kembali ke atas dengan kecewa karena tidak mendapati dan menyaksikan blue fire. Kami putuskan untuk tetap menunggu. Hasil kesabaran kami akhirnya terbayar. Sekitar pukul 04:07 Blue Fire mulai keluar menampakan keindahannya. Hari itu blue fire hanya keluar di satu spot saja tidak seperti biasanya keluar di beberapa spot.


Video magnificent Ijen Crater

Puas menikmati Blue fire kami kembali ke bibir kawah. Karena waktu subuh hampir berakhir kami sempatkan shalat subuh diantara tambang belerang dan bibir kawah. Sebenarnya di bibir Kawah Ijen tersedia saung yang dapat digunakan untuk shalat. Sebaiknya anda tidak tergesa-gesa kembali. Karena pemandangan kawah ijen dari bibir kawah saat hari mulai terang sangat indah. Anda dapat menikmatipemandangan ciptaan Allah yang sangat luar biasa tersebut dan mengagumi kebesaranNya.




Peta Lokasi Kawah Ijen

Kota terdekat untuk menuju Kawah Ijen adalah Banyuwangi ataupun Bondowoso. Penginapan terdekat dari Paltuding sekitar 1/2 jam berkendaraan. Namun anda juga dapat langsung menuju Kawah Ijen tanpa menginap. Kondisi jalan menuju Paltuding dari Banyuwangi maupun Bondowoso cukup baik dan aman meskipun tengah malam. Ada beberapa pos pemeriksaan milik PTP maupun perhutani sepanjang perjalanan tersebut.


Foto di depan diorama Kawah Ijen

Jika anda telah tiba di Paltuding namun ada kendala hingga anda tidak bisa sampai di Kawah Ijen jangan terlalu bersedih. Di sekitar gerbang pemeriksaan tiket terdapat diorama Kawah Ijen yang sangat mirip dengan kondisi sebenarnya. Anda dapat berfoto didepannya seperti foto di atas. 😀😁😃.

Ayo tunggu apa lagi. Ayo datangi lokasi wisata dengan fenomena alam yang sangat langka. Selamat berkunjung.

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');